Menyediakan berbagai macam paket wisata private dan rombongan ke jogja untuk instansi pemerintah, swasta, pendidikan, dan sharing cost travelling. menyediaakan pakaet ekonomisi hingga lux untuk perjalanan wisata ke jogja

Macam-macam istilah penginapan di dunia pariwisata

Di dalam dunia pariwisata banyak istilah penginapan yang sudah sering kita dengar, nah tapi seperti apas sih batasan-batasannya, nah kali ini kami akan menuliskan beberapa batasan mengeni tempat-tempat penginapan:

1. Hotel
saya pikir semua orang sudah paham apa itu hotel. Penginapan yg memiliki berbagai fasilitas dan memiliki banyak kamar.
Di indonesia banyak dikenal berbagai macam hotel, mulai dari hotel berbintang, hotel transit ( biasanya dekat bandara ), hotel budget ( biasanya harganya murah ), hotel melati ( kelasnya dibawah bintang ) citty hotel ( biasanya stay di sekitaran kota ), hotel sales ( biasanya dipakai untuk sales antar kota ), bahkan ada hotel short time ( definisikan sendiri ) ðŸ˜‚
2. Resort :
resort ini menurut saya adalah pengembangan dari hotel, biasanya resort memiliki kelebihan di view alam nya guys, bisa di sawah, perbukitan, tebing atau laut.
Konsep dr resort sendiri sebenarnya adalah all in one , jadi tamu yg stay disini sudah gak perlu keluar dr penginapan lagi, maka dari itu biasanya resort ini memiliki fasilitas yg cukup lengkap dan memiliki thema tersendiri.
3. Homestay
secara definisi arti homestay adalah rumah tinggal, nah homestay biasanya ditemukan di daerah daerah yg belum banyak memiliki hotel.
Jadi homestay ini bisa bangunan baru yg memang sengaja di set up menjadi penginapan, ataupun rumah penduduk yg memiliki kamar lebih untuk ditinggali.
Biasanya homestay ini masih 1 lokasi dengan si pemilik, dan perbedaan yang paling mencolok dr sisi pengelolan adalah, kalau hotel sudah menggunakan management sendiri, kalau homestay biasanya dikelola oleh pemilik langsung.
4. Hostel : 
kalau hostel ini biasanya untuk yg mau hemat budget, jadi konsepnya adalah sharing cost, atau berbagai biaya antara satu tamu dengan tamu yang lain bahkan tidak saling kenal yang dibantu oleh pihak hostel. 1 kamar isi 4~6 bed terpisah.
Jadi tamu satu dengan tamu lainnya bisa tidak saling kenal lho.
Disini privasi agak kurang, tp memang harganya murah gila.
Di Bali sih belum terlalu marak untuk hostel, kalau saya dengar di singapore yg sudah mulai marak
5. Hotel capsule : 
pernah dengan berlum ttg hotel capsule ? Belum kan, ya karena memang belum terlalu marak di indonesia.
Jadi hotel capsule ini memang sangat unik.
Bentuknya bukanlah bangunan kamar seperti layaknya penginapan, melainkan cuman sebatas capsule yg memang sudah di set up agar bisa di tinggali.
6. Losmen : 
nah ini saya yg agak kurang paham guys, karena saya jarang menemukan ini.
Silahkan bagi yang ounya info seputar losmen untuk memberikan masukan.
Kalau saya pribadi menilai losmen ini mungkin kurang lebih hotel yg kelasnya di bawah bintang 1 ya.
Semacam penginapan yg memang fasilitasnya mungkin masih standart banget.
7. Motel : 
ini juga saya kurang paham ya guys, cuman saya pernah baca kalau motel ini biasanya berada di perbatasan antara kota yang satu dan kota lainnya.
8. Villa : 
villa ini sebenarnya adalah rumah pribadi guys, biasanya yg membedakan villa dengan rumah adalah settingan bangunannya dan fasilitasnya.
Kalau di villa biasanya ada kolam renang.
Di Bali sendiri banyak banget jenis villa dengan arsitektur khas nya guys.
Dan skrg ada 2 jenis villa di Bali
1. Villa dengan management
2. Villa yg dikelola pemiliknya langsung
Biasanya kalau tamu domestik suka cari villa yg 1 unitnya bisa di isi puluhan orang.
Nah kurang lebih seperti itu guys. batasan-batasan istilah penginapan di duni pariwisata dan jika ada masukan tentu saja penulis akan dengan senang hati menampungnya.

Semoga bermanfaat ya
credited : KVC
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts


Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Translate this page

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.