Menyediakan berbagai macam paket wisata private dan rombongan ke jogja untuk instansi pemerintah, swasta, pendidikan, dan sharing cost travelling. menyediaakan pakaet ekonomisi hingga lux untuk perjalanan wisata ke jogja

18 hal tentang tour leader yang perlu Anda ketahui

INILAH 18 HAL PENTING YANG TOUR LEADER SUNGKAN UNTUK MENYAMPAIKANYA KEPADA PARA TAMU NYA.

Tour Leader adalah salah satu profesi yang unik di muka bumi ini. Berbagai anggapan muncul dalam segala penjuru sudut pandang. Apapun itu, Tour Leader adalah ujung tombak sebuah program wisata perjalanan. Nilai akhir dari sebuah proses produksi tour sampai pemasaran.
Yang banyak terlupa atau dilupakan, Tour Leader adalah tetap manusia biasa. Yang bermain perasaan dalam setiap tingkah, sikap dan kata-kata. Yang mencari nafkah untuk kehidupan, mimpi dan keluarganya. Sama dengan manusia lainnya. Tak lebih dan tak kurang.
Seorang penulis dari USA, Bryanne Salazar, pada tanggal 10 July 2018 mempublikasikan sebuah tulisan menarik tentang 18 HAL PENTING YANG TOUR LEADER SUNGKAN UNTUK MENYAMPAIKANYA KEPADA PARA TAMU NYA. Tulisan yang lugas, santai dan ‘menusuk’. Sebuah cermin untuk kita semua. Saya sadur secara lebih sederhana.
1. BERSIKAPLAH SOPAN.
Seperti profesi lainnya dalam bidang jasa, para Tour Leader akan semaksimal mungkin untuk bersikap sopan dan wajar kepada para tamunya. Namun para tamu terkadang menganggapnya sebelah mata. Mengacuhkan informasi yang susah payah disampaikan dan berlaku seperti boss besar yang tanpa disadari membuat ketidaknyamanan bagi wisatawan lainnya dalam rombongan.
2. TOUR LEADER BUKAN TUKANG PHOTO ANDA.
Tour Leader berusaha untuk tidak mengecewakan tamunya. Namun Tour Leader juga bukan tukang photo yang Anda sewa secara khusus. Bayangkan jika setiap tempat mereka harus melakukannya untuk Anda, berarti mereka juga harus mau melakukannya untuk orang lain. Sesungguhnya banyak waktu efektif yang terbuang dan merugikan waktu tour itu sendiri.
3. TOUR LEADER BUKAN PENGASUH, PORTER dan PELAYAN ANDA.
Tour Leader bukanlah ‘baby sitter’ bagi para tamu yang egois, merasa special dan tak memperhatikan informasi yang disampaikan. Yang terpaksa berulang kali menyampaikan, menunggu dan merayu Anda untuk tepat waktu, terpisah dari rombongan, dll. Tour Leader bersikap sama untuk semua tamunya. Demikian juga jika tak adanya pelayanan porter dalam tour (diketahui dari awal). Jika Tour Leader membantu membawa koper seseorang, berarti dia juga harus bersedia membawa koper lainnya. Bayangkan, bagaimana melelahkan tambahan kerja yang tak perlu ini. Kecuali ada yang sangat tua, sakit dan tak mampu.
4. TOUR LEADER MENERIMA TIP.
Jika ada pertanyaan apakah perlu memberikan tip kepada Tour Leader ? Jawabannya adalah PERLU. Sebagai mahluk sosial, Anda perlu dan wajar berterima kasih atas usaha dan pelayanan seseorang.
5. BERIKAN TIP YANG SOPAN DAN PANTAS.
Dalam memberikan tip, berikan dalam jumlah yang wajar dan pantas. Berikan tip yang dapat berguna bagi kehidupan dan keluarganya, bukan sekedar asal2an. Bukan saat nya lagi menjadi munafik.
6. TOUR LEADER BUKAN ORANG YANG SERBA TAU DAN BISA.
Tour Leader dibekali pelatihan, skill dan pengetahuan yang baik. Namun mereka bukanlah mesin / robot pintar. Janganlah berbicara dan bersikap lebih pintar di depan para tamu lainnya. Hal ini justru akan menjatuhkan wibawa Anda dan mengesalkan tamu lainnya. Sampaikan secara pribadi dan sopan jka ada hal-hal yang kurang tepat.
7. JANGAN MEMOTONG PEMBICARAAN / INTERUPSI.
Para turis, selain ada hal yang emergency, janganlah pernah menginterupsi Tour Leader anda. Banyak turis melakukan ini hanya ingin menunjukkan jka dirinya lebih pintar dan tahu. Justru ini mengganggu kenyamanan rombongan tour. Angkatlah tangan jika ada yang ingin disampaikan atau tunggu sampai Tour Leader selesai berbicara.
8. MEMBUAT / MENCARI PERHATIAN.
Tour Leader seringkali dilelahkan dengan adanya tamu jenis ini. Pembuat sensasi dan pencari perhatian. Ketahuilah dan sadarilah, Tour Leader berkewajiban memperhatikan banyak hal, bukan hanya Anda.
9. PAY ATTENTION PLEASE
Sering kali turis merasa dewa di atas dewa. Tour Leader bersusah payah menyampaikan informasi penting tentang berbagai hal untuk kelancaran acara perjalanan, namun turis sering sibuk sendiri dengan gadget, bicara sendiri dan berakhir pada pertanyaan untuk mengulangi informasi atau missing important information.
10. BUKAN TUGAS TOUR LEADER MENYIAPKAN KEPERLUAN TOUR TURIS.
Sebelum tour berangkat, akan ada beberapa informasi atas jam kumpul dan apa yang perlu dibawa. Kelalaian turis akan jam kumpul atau tidak terbawanya sesuatu sering ditimpakan pada Tour Leader. Yang mengikuti acara tour adalah turis, bukan Tour Leader. Jadi siapkan segala sesuatu nya dengan baik, Anda sendiri bukan Tour Leader.
11. ANAK-ANAK YANG BAIK ADALAH MENYENANGKAN.
Dalam rombongan tour, berkumpul sebuah keluarga. Anggota keluarga seperti anak-anak adalah ‘perhiasan’ dalam acara tour. Ajarilah anak-anak Anda bersopan santun dan ikut bekerjasama. Sehingga acara tour berlangsung meriah dan sukses.
12. PERUBAHAN BISA TERJADI, ‘SO ADAPT IT’.
Tour Leader yang baik dilengkapi berbagai kemampuan profesional. Communication Skill, Leadership, First Aid dll. Tapi bukan berarti Tour Leader adalah dewa keajaiban. Kejadian banjir, pesawat delay, kemacetan, atau force majeur lainnya adalah di luar kendali Tour Leader. Kerjasama peserta tour dalam menangani masalah yang ada akan sangat membantu rasa aman dan nyaman. Marah2 penuh gaya akan membuat ‘things become worse’.
13. ‘EXPECT THE UNCOMFORTABLE’
Ketika mendaftar sebuah acara tour, peserta berharap akan banyak hal dan tentunya wajar saja. Namun kejadian di lapangan sesuai situasi dan kondisi yang ada terkadang membuat impian menjadi buyar. Misalkan badai di padang pasir, renovasi monument, bus mogok dll. Rentetan kejadian ini bukanlah kesalahan seorang Tour Leader. Tour Leader akan berupaya mencari alternatif jika memungkinkan. Percayalah, Tour Leader lebih kecewa dari Anda. Lewati dan mengerti kejadian tersebut membuat liburan Anda akan tetap nyaman.
14. ROMBONGAN TOUR, BUKAN CUMA ANDA SENDIRI.
Dalam sebuah rombongan tour, berbagai individu dan latar belakang menjadi satu. Tugas seorang Tour Leader ‘menyatukan’ itu semua menjadi sebuah ‘keluarga’. Tak mungkin Anda menginginkan perhatian khusus. Jika mengharapkan mendapatkan perhatian khusus, Anda salah alamat jika bergabung dalam rombongan tour umum.
15. TOUR LEADER TAK MENYENANGI ORANG COMPLAINT.
Kira-kira tahukah Anda apa yang dipikirkan Tour Leader jika seorang turis melakukan complaint?
Jenis complaint berbagai macam. Tapi kebanyakan orang mature tak melakukan komplain dengan mengomel yang membuat suasana tak nyaman. Bicaralah secara pribadi dan sampaikan komplain tersebut. Tour Leader akan lebih menghargai dan memandang Anda dan akan berusaha utk menyelesaikan persoalan yang ada.
16. FOCUS PADA TOUR DAN EXPLANATIONS
Seringkali berbagai pertanyaan muncul dengan tak relevan ketika Tour Leader bercerita. Tour Leader bukanlah komputer berjalan. Tak ada hubungannya ketika Tour Leader sedang menjelaskan tentang ‘kopi’ di Turky lalu Anda bertanya kenapa ‘bandrek’ tak disenangi di Turky. Lucu ? Tapi ...Sering terjadi.
17. HARGAI TEMPAT ATAU OBYEK YANG DIKUNJUNGI
Anda membayar mahal untuk pergi ke sebuah tempat. Misalkan saja patung Meineken Piss di Brussel. Tapi banyak turis hanya mencibir ketika melihat patung tsb. Patung kecil dalam posisi kencing. Komentar yang ada ‘ah...gini doang..’ dll. Komentar yang terkadang menjatuhkan Anda sendiri, karena di tempat Anda banyak patung besar namun tak terkenal sama sekali. Atau juga kuliner dll. Anda sudah tau ketika membeli paket tour, so hargai dan nikmati.
18. KETIKA JAM TOUR BERAKHIR, TOUR LEADER PERLU BERISTIRAHAT.
Seperti hal nya kita semua. Orang perlu beristirahat dan memiliki waktu pribadi. Setelah tour tiba di hotel utk beristirahat, Tour Leader juga perlu beristirahat. Biarkan Tour Leader Anda beristirahat dengan baik. Kecuali ada yang bersifat emergency. Tour Leader yang berkondisi prima menghasilkan tour berkualitas pula.
Inilah 18 hal yang perlu diketahui dan ingin Tour Leader sampaikan pada turis-turis nya, namun sungkan.
Selamat menikmati hidup dan tour Anda.

thank to Asiong ko.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts


Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Translate this page

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.